Analisis Materi PAI di Madrasah dan Sekolah Umum


A.   RUANG LINGKUP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Ruang Lingkup bahan ajar baik di madrasah maupun di sekolah umum pada dasarnya sama yaitu meliputi :
1.    Hubungan manusia dengan Allah SWT
2.    Hubungan manusia dengan dirinya sendiri
3.    Hubungan manusia dengan sesama manusia
4.    Hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungan alam sekitar


B.   ASPEK-ASPEK PENGAJARAN
Terdapat beberapa aspek pengajaran Pendidikan Agama Islam baik di madrasah maupun di sekolah umum, penjabarannya adalah sebagai berikut:
·   Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di madrasah dibagi dalam 5 sub mata pelajaran, yaitu:
  1.  Qur’an Hadits
  2.  Akidah Akhlak
  3.  Fiqih
  4.  Sejarah dan Kebudayaan Islam
  5. .Bahasa Arab


·   Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum meliputi 7 unsur pokok, yaitu :
  1.  Al Qur’an
  2.  Keimanan
  3.  Akhlak
  4.  Ibadah
  5.  Mu’amalah
  6.  Syari’ah
  7.  Tarikh 



C.   PRINSIP PENGAJARAN PAI:
Pengajaran PAI baik di sekolah umum ataupun di madrasah pada prinsipnya memberikan keluwesan bagi guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang menyangkut hal-hal berikut:
  1. Metode yang digunakan
  2. Evaluasi yang dilakukan
  3. Alat bantu yang dipakai
  4. Buku sumber dan pengembangan materi yang ditetapkan

Sehingga tujuan yang dikehendaki bisa sangat relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan masyarakat lokal.

D.   16 KRITERIA PENGAJARAN YANG DIGUNAKAN:
1)      Relevansi, maksudnya harus ada kesesuai antara materi pembelajaran dengan tujuan.
2)    Essensial, maksudnya materi pembelajaran termasuk materi Dasar Kemampuan Minimal (DKM) untuk satuan Pendidikan tertentu.
3)   Konsep Utuh, materi pembelaran untuk satuan waktu tertentu harus selesai sesuai pada satuan waktu itu.
4)     Tidak sarat, maksudnya materi dan alokasi waktu harus sesuai.
5) Bukan pengulangan, maksudnya dalam satu tingkatan satuan pendidikan tidak boleh ada pengulangan materi.
6)   Pengembangan, maksudnya semakin tinggi jenjang satuan pendidikan maka materinya harus bersifat pengembangan dari materi terdahulu.
7)      Bersifat membimbing, maksudnya materi harus bersifat pengembangan sikap.
8)      Bersifat mengajar, maksudnya materi harus bersifat pengembangan pengetahuan.
9)  Bersifat melatih, maksudnya materi harus bersifat pengembangan keterampilan dan pengamalan ajaran agama.
10)   Sesuai dengan tingkat perkembangan Peserta Didik, maksudnya materi harus disesuaikan dengan tingkat kematangan peserta didik pada kelas tertentu.
11)   Berkaitan dengan bidang studi lain.
12)   Berkaitan dengan IPTEK.
13)   Praktis , maksudnya materi yang diberikan harus bermanfaat dalam kehidupan keseharian.
14)   Mengembangkan kepribadian peserta didik, maksudnya materi harus dapat memberikan motivasi untuk pengembangan kepribadian peserta didik.
15)   Bersifat melanjutkan pelajaran, maksudnya materi harus dapat menjadi dasar bagi pendidikan lanjutan peserta didik.
16)   Menunjang kebutuhan pembangunan.

E.    PENDEKATAN PENGAJARAN
  •   Pengajaran PAI di Madrasah:

a.    Qur’an Hadits; memiliki pendekatan aktivitas siswa dengan berbagai metode, antara lain:
1.    Drill
2.    Kerja Kelompok
3.    Tanya Jawab
4.    Diskusi
5.    Resitasi
6.    Ceramah, dsb

b.   Akidah Akhlak; memiliki 5 pendekatan, yaitu:
1.    Emosional
2.    Rasional
3.    Fungsional
4.    Keteladanan
5.    CBSA

c.    Fikih; mempunyai pendakatan sebgai berikut:
1.    Rasional
2.    Emosional

d.   SKI; memiliki pendekatan sebgai berikut:
1.    Emosional
2.    Azas Manfaat
3.    Rasional
4.    Keteladanan

e.   Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab menggunakan pendekatan Komunikatif dengan memakai electic method, yaitu perpaduan antara beberapa kelebihan dari berbagai metode seperti tanya jawab, dramatisasi, peragaan, penugasan, drill dan pengungkapan kembali isi wacana.

  • Pengajaran PAI di Sekolah Umum

Memiliki 5 pendekatan, yaitu:
1.    Pengalaman
2.    Pembiasaan
3.    Emosional
4.    Rasional
5.    Fungsional


0 Response to "Analisis Materi PAI di Madrasah dan Sekolah Umum"

Post a Comment