A. RUANG LINGKUP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Ruang Lingkup bahan ajar baik di madrasah maupun di sekolah
umum pada dasarnya sama yaitu meliputi :
1. Hubungan manusia dengan Allah SWT
2. Hubungan manusia dengan dirinya sendiri
3. Hubungan manusia dengan sesama manusia
4. Hubungan manusia
dengan makhluk lain dan lingkungan alam sekitar
B. ASPEK-ASPEK PENGAJARAN
Terdapat
beberapa aspek pengajaran Pendidikan Agama Islam baik di madrasah maupun di
sekolah umum, penjabarannya adalah sebagai berikut:
·
Kurikulum Pendidikan Agama
Islam (PAI) di madrasah dibagi dalam 5 sub mata pelajaran, yaitu:
- Qur’an Hadits
- Akidah Akhlak
- Fiqih
- Sejarah dan Kebudayaan Islam
- .Bahasa Arab
·
Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum meliputi 7 unsur
pokok, yaitu :
- Al Qur’an
- Keimanan
- Akhlak
- Ibadah
- Mu’amalah
- Syari’ah
- Tarikh
C. PRINSIP PENGAJARAN PAI:
Pengajaran
PAI baik di sekolah umum ataupun di madrasah pada prinsipnya memberikan
keluwesan bagi guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang menyangkut hal-hal
berikut:
- Metode yang digunakan
- Evaluasi yang dilakukan
- Alat bantu yang dipakai
- Buku sumber dan pengembangan materi yang ditetapkan
Sehingga tujuan
yang dikehendaki bisa sangat relevan dengan kebutuhan peserta didik dan
tuntutan masyarakat lokal.
D. 16 KRITERIA PENGAJARAN YANG DIGUNAKAN:
1) Relevansi, maksudnya harus
ada kesesuai antara materi pembelajaran dengan tujuan.
2) Essensial, maksudnya materi pembelajaran termasuk materi Dasar
Kemampuan Minimal (DKM) untuk satuan Pendidikan tertentu.
3) Konsep Utuh, materi
pembelaran untuk satuan waktu tertentu harus selesai sesuai pada satuan waktu
itu.
4) Tidak sarat,
maksudnya materi dan alokasi waktu harus sesuai.
5) Bukan pengulangan,
maksudnya dalam satu tingkatan satuan pendidikan tidak boleh ada pengulangan
materi.
6) Pengembangan,
maksudnya semakin tinggi jenjang satuan pendidikan maka materinya harus
bersifat pengembangan dari materi terdahulu.
7) Bersifat membimbing, maksudnya materi harus bersifat
pengembangan sikap.
8) Bersifat mengajar, maksudnya materi harus bersifat pengembangan
pengetahuan.
9) Bersifat melatih,
maksudnya materi harus bersifat pengembangan keterampilan dan pengamalan ajaran
agama.
10)
Sesuai dengan tingkat perkembangan Peserta Didik,
maksudnya materi harus disesuaikan dengan tingkat kematangan peserta didik pada
kelas tertentu.
11)
Berkaitan dengan bidang studi lain.
12)
Berkaitan dengan IPTEK.
13)
Praktis , maksudnya materi yang diberikan harus bermanfaat
dalam kehidupan keseharian.
14)
Mengembangkan kepribadian
peserta didik, maksudnya materi harus dapat memberikan motivasi untuk pengembangan
kepribadian peserta didik.
15)
Bersifat melanjutkan
pelajaran, maksudnya materi harus dapat menjadi dasar bagi pendidikan lanjutan
peserta didik.
16)
Menunjang kebutuhan
pembangunan.
E. PENDEKATAN PENGAJARAN
- Pengajaran PAI di Madrasah:
a. Qur’an Hadits; memiliki pendekatan aktivitas siswa
dengan berbagai metode, antara lain:
1. Drill
2. Kerja Kelompok
3. Tanya Jawab
4. Diskusi
5. Resitasi
6. Ceramah, dsb
b. Akidah Akhlak;
memiliki 5 pendekatan, yaitu:
1. Emosional
2. Rasional
3. Fungsional
4. Keteladanan
5. CBSA
c. Fikih; mempunyai
pendakatan sebgai berikut:
1.
Rasional
2.
Emosional
d. SKI; memiliki
pendekatan sebgai berikut:
1.
Emosional
2.
Azas Manfaat
3.
Rasional
4.
Keteladanan
e. Bahasa Arab
Mata
pelajaran Bahasa Arab menggunakan pendekatan Komunikatif dengan memakai electic
method, yaitu perpaduan antara beberapa kelebihan dari berbagai metode
seperti tanya jawab, dramatisasi, peragaan, penugasan, drill dan pengungkapan
kembali isi wacana.
- Pengajaran PAI di Sekolah Umum
Memiliki 5 pendekatan, yaitu:
1. Pengalaman
2. Pembiasaan
3. Emosional
4. Rasional
5. Fungsional
0 Response to "Analisis Materi PAI di Madrasah dan Sekolah Umum"
Post a Comment