Manfaat Daun Kemangi


Selain nikmat disantap sebagai lalapan segar yang dapat menambah selera makan, ternyata banyak juga manfaat daun kemangi yang baik untuk kesehat badan. Aroma wangi kemangi juga dapat menolak gigitan nyamuk.

Menurut John Henry M dalam bukunya yang berjudul “A Dictionary of Practical Material Medical”, daun kemangi berkhasiat menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri payudara dan batu ginjal.
Selain itu, kemangi juga dapat mengatasi influenza, sakit telinga, sakit kepala (migraine), infeksi usus, dan gangguan saraf.

Daun kemangi mengandung senyawa anetrol, boron, eugenol, dan stigmaterol yang mampu merangsang hormon estrogen, membunuh jamur penyebab keputihan, dan dapat merangsang pematangan sel telur.
Manfaat lain dari daun kemangi yaitu bisa melancarkan haid, mengatasi nyeri haidl, peluruh ASI, panas dalam, dan sariawan.
Caranya: rebus daun kemangi sebanyak 15 gram dalam 2 gelas air putih selama 15 menit, kemudian minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Tidak hanya itu,  bagi pria, senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi dini dan zat arigin-nya dapat mempertinggi daya tahan sperma serta mencegah kemandulan.
Jadi konsumsilah kemangi mulai saat ini.

0 Response to "Manfaat Daun Kemangi"

Post a Comment