Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif,Afektif,
dan Psikomotor
Dalam merumuskan indikator
pembelajaran di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seorang guru memerlukan
Kata Kerja Operasional sebagai langkah konkret untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang diharapkan.
Kata kerja merupakan penanda
pencapaian Kompetensi Dasar (KD) yang ditandai oleh perubahan perilaku yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Indikator tersebut dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta
didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah, dan dirumuskan dalam
Kata Kerja Operasional (KKO) yang terukur dan dapat diobservasi. Indikator
digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Kata Kerja Operasional (KKO)
indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke
kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak, bukan sebaliknya.
Berikut adalah daftar Kata Kerja
Operasional yang dapat digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik
menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.
NO
|
ASPEK
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
1
|
Kognitif
|
Knowledge
(pengetahuan)
|
Mengutip, menyebutkan, menjelaskan,
menggambar, membilang, mengidentifikasi, mendaftar, menunjukkan, memberi
label, memberi indek, memasangkan, menamai, menandai, membaca, menyadari, menghafal,
meniru, mencatat, mengulang, mereproduksi,
meninjau, memilih, menyatakan, mempelajari, mentabulasi, memberi kode, menelusuri.
|
Comprehension
(pemahaman)
|
Memperkirakan, mengkategorikan, mencirikan,
mengasosiasikan, membandingkan, menghitung, mengkontraskan, mengubah, mempertahankan,
menguraikan, menjalin, membedakan, mendiskusikan, menggali, mencontohkan, menerangkan,
mengemukakan, mempolakan, memperluas, menyimpulkan, merangkum, menjabarkan.
|
||
Application
(penerapan)
|
Menugaskan, mengurutkan, menentukan,
menerapkan, menyesuaikan, memodifikasi, mengklasifikasi, membangun, mengurutkan,
membiasakan, menentukan, menggambarkan, menggunakan, menilai, melatih, menggali,
mengadaptasi, menyelidiki, mempersoalkan, mengonsepkan, melaksanakan, meramalkan,
mengaitkan, menyusun, mensimulasikan, memecahkan, melakukan, menyusun, memproses.
|
||
Analysis
(analisis)
|
Menganalisis, mengaudit, memecah, menegaskan,
mendeteksi, mendiagnosis, menyeleksi, memerinci, menominasikan, mendiagramkan,
mengorelasikan, merasionalkan, menguji, mencerahkan, menjelajah, membagankan,
menyimpulkan, menemukan, menelaah, memaksimalkan, memerintahkan, mengedit, mengkaitkan,
memilih, mengukur, melatih, mentransfer.
|
||
Synthesis
(sintesis)
|
Mengabtraksi, mengatur, menganimasi,
mengumpulkan, mengkategorikan, mengode, mengombinasikan, menyusun, mengarang,
membangun, menghubungkan, menciptakan, mengkreasikan, mengoreksi, merancang, merencanakan,
mendikte, meningkatkan, memperjelas, membentuk, merumuskan, menggeneralisasikan,
menggabungkan, memadukan, membatas, menampilkan, menyiapkan, merangkum, merekonstruksi.
|
||
Evaluation
(penilaian)
|
Membandingkan, menyimpulkan, menilai,
mengkritik, menimbang, memutuskan, memisahkan, memprediksi, memperjelas, menugaskan,
menafsirkan, mempertahankan, memerinci, mengukur, merangkum, membuktikan, mendukung,
memvalidasi, mengetes, mendukung, memilih, memproyeksi.
|
||
2
|
Afektif
|
Receiving
(penerimaan)
|
Memilih, mempertanyakan, mengikuti,
memberi, menganut, mematuhi, meminati.
|
Responding
(menanggapi)
|
Menjawab, membantu, mengajukan, mengompromikan,
menyenangi, menyambut, mendukung, menyetujui, menampilkan, melaporkan, memilih,
mengatakan, menolak.
|
||
Valuing
(menilai)
|
Mengasumsikan, meyakini, melengkapi,
meyakinkan, memperjelas, memprakarsai, mengimani, mengundang, menggabungkan, memperjelas,
mengusulkan, menekankan, menyumbang.
|
||
Organization
(mengelola)
|
Menganut, mengubah, menata, mengklasifikasikan,
menombinasikan, mempertahankan, membangun, mengelola, menegisasikan, merembuk.
|
||
Characterization
(menghayati)
|
Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan
nilai-nilai yang sudah diyakini.
|
||
3
|
Psychomotor (gerak jiwa)
|
Observing
(pengamatan)
|
Mengamati proses, memperhatikan tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi
perhatian pada sebuah artikulasi.
|
Imitation
(peniruan)
|
Mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah
struktur, dan menggunakan sebuah model.
|
||
Practicing
(pembiasaan)
|
Membiasakan perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar
tetap konsisten.
|
||
Adapting
(penyesuaian)
|
Menyesuaikan model, mengembangkan model, dan menerapkan model.
|
0 Response to "Kata Kerja Operasional (KKO)"
Post a Comment